Selasa, 15 Mei 2012

Layartancep di Gandasuli FFP 2012 titik ke 13

Dulu, Grumbul Mindik, Desa Gandasuli, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga adalah salah satu sentra batik Banyumasan di Purbalingga. Setidaknya itu tergali dalam film dokumenter “Merajut Tradisi” yang diproduksi Laeli Leksono Film tahun 2005.

Berjalannya waktu, belasan perempuan desa yang dulu, saat menunggu panen atau mengisi waktu luang dengan menorehkan canting ke kain mori, kini tangan-tangan trampil penopang tradisi itu beralih menata helai demi helai rambut untuk dijadikan bulu mata palsu. Setidaknya itu tergambar dalam video profil desa yang dibuat Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Desa Gandasuli (FORKAPPI).

Kedua produk audiovisual itu diputar di ujung jalan Grumbul Mindik, Senin, 14 Mei 2012 dalam rangka gelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2012 selain film-film yang sudah diprogramkan.
Presenter dari pemuda desa membagikan doorprize untuk penonton.
Ketua FORKAPPI Hudiman merasa turut prihatin dengan bergesernya profesi perempuan-perempuan di desanya dengan jalan meninggalkan tradisi membatik yang sudah turun-temurun. “Tidak gampang memang mempertahankan tradisi. Ini menjadi pekerjaan rumah kami bersama, terutama anak muda, bagaimana batik sebagai warisan luhur yang juga diakui oleh Unesco kembali hidup di desa kami,” tutur pendiri FORKAPPI ini.

FFP 2012 bekerja sama dengan FORKAPPI sengaja menggelar tontonan film di Grumbul Mindik yang selama ini tidak pernah ada hiburan malam di luar rumah. Di malam-malam sebelumnya, lepas maghrib, warga grumbul berdiam di dalam rumah dengan televisi sebagai satu-satunya hiburan.

Malam itu, hadir Kepala Desa Gandasuli Sumbodo yang berkesempatan mensosialisasikan pembuatan Elektronik-Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) warga. “Acara pemutaran film adalah kesempatan yang baik untuk sosialisasi program Pemerintah, karena semua warga berkumpul,” ujarnya.

Layar Tanjleb di Grumbul Mindik adalah titik ke-13 dari 18 titik desa program FFP 2012. Menuju titik berikutnya akan digelar di Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga pada Rabu, 16 Mei 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar